Senin, 3 Desember 2012 Tertanda "Kegalauan"

KOMPETISI APA IDEMU? 


Pengumuman 50 Besar

Posted on Mon, 03 Dec 2012 17:14:29


Hai sobat muda!

Tidak terasa kompetisi Apa Idemu sudah memasuki babak 8 besar. Dari 5.838 ide yang masuk, panel juri melakukan dua kali proses seleksi: yang pertama membuat daftar pendek (Shortlist) ide-ide yang dianggap ‘layak’ berkompetisi lebih lanjut. Empat juri membaca ribuan ide tersebut, dan memerasanya menjadi 241 ide terbaik. Ide-ide ini diberi nilai oleh tiga juri dengan mempertimbangkan lima aspek: Kreativitas, Originalitas, Feasibility, Impact, dan Sustainability. Dari hasil tersebut terpilihlah 50 ide terbaik. Ide-ide tersebut adalah: 
  1. Kakak Asuh via Socmed
  2. Sabang Merauke, Seribu Anak Bangsa Merantau Untuk Kembali
  3. EPIC JAVA ( film gotong royong untuk memperkenalkan Indonesia dimata Dunia )
  4. Singkong Day
  5. Idenesia – Menginspirasi Bangsa Melalui Film Dokumenter Inspiratif
  6. IDEAPRES.COM: SISTEM PENUKARAN RESEP DOKTER PADA APOTEK SECARA ONLINE
  7. Hutan Tabungan
  8. Bike Sharing
  9. One Greatman One Garage
  10. Traffic Visual: Concept of Traffic Light Innovation
  11. ALUN ULIN (Anak-anak sebagai Co Designer Playground)
  12. Pojok Photo Sehat
  13. Younesia
  14. Kampanye Ayo On-Time
  15. Cakrawala Untuk Indonesia TV (CUI TV)
  16. HappyPlayAction
  17. Sempoa Braille
  18. Indonesia Poverty Challenge
  19. Komunitas Internet Cerdas Ind.
  20. Bloobis : Aplikasi Bank Darah Penyelamat Kehidupan Bangsa
  21. Koppaja (Komunitas Pendidikan Anak Jalanan)
  22. Gerakan Hari Tanpa Kertas
  23. 1 Pelajar, 1 Semester, 1 Pohon.
  24. Marinyanyi sebagai salah satu solusi krisis lagu anak
  25. BOOM! Beras Jagung
  26. Komunitas Perpustakaan Rakyat
  27. Ular Tangga HIV AIDS
  28. Sekolah Anak Pantai Indonesia (GERAKAN BIKIN PINTAR ANAK PESISIR INDONESIA)
  29. Ethnic Tumblelog
  30. Urban Mural: Mengalirkan Adrenalin, Mempercantik Kota
  31. desa.in
  32. Satu Kades Satu Kebaikan
  33. Pantunesia
  34. Konferensi Anak Jalanan Nasional
  35. followUP (Follow ur Passion)
  36. Gerakan Jajanan Sehat
  37. Air Hujan Siap Minum
  38. BABA Madura (Batik Anti Buta Aksara) Sebagai Upaya Pengentasan Buta Aksara di Kabupaten Pamekasan,Madura.
  39. www.care4shared.com
  40. Diary Anak Indonesia
  41. From Traditional Recipes to Global Health
  42. Jamur tiram dan perempuan mandiri ekonomi
  43. Cyber UKM
  44. Puri Abata
  45. Sepeda Jalanan
  46. Caveman Goes To Mall
  47. INDONESIA REVISITED : The Tiga Negeri Manifesto
  48. Jaringan Distribusi Film Pendek
  49. PLANG – PLANG KATA INSPIRASI DI SETIAP LAMPU MERAH DAN MERUBAH NAMA RUMAH SAKIT MENJADI RUMAH SEHAT
  50. Agripreneurship
 Ke-50 peserta yang menciptakan ide ini akan mendapatkan undangan untuk menghadiri babak final kompetisi Apa Idemu, yang di dalamnya sudah termasuk sebuah tiket nonton 5 cm. Caranya bagaimana? Untuk yang berdomisili di Jakarta ataupun di luar kota namun dapat hadir pada saat acara final di 7 Desember 2012 (fX Senayan Jakarta; 19.00 – selesai), silakan melakukan reservasi tempat ke alamat email: andita.hadi@yahoo.com dengan mengirimkan menggunakan email yang digunakan untuk submit ide. Pada subject tuliskan: Konfirmasi Kehadiran Final Kompetisi Apa Idemu (Pemenang 50 besar). Pada badan email tuliskan namamu, institusi, dan nomor telepon yang bisa dihubungi.
Untuk pemenang yang berada di luar Jakarta, tunggu mekanisme pengambilan tiketnya lewat situs ini maupun di Twitter, setelah acara malam final berakhir (segala informasi mengenai pengambilan tiket di luar malam final tidak akan dilayani lewat email dan baru akan ditindaklanjuti setelah acara malam final).

Demikian pemberitahuan singkat dari kami, semoga kita selalu semangat memberikan ide untuk Indonesia yang lebih baik! 

Udah selesai baca suratnya broh....? gue harap mata loe belum meleleh untuk ngebaca tulisan selanjutnya. Loe liat kan tanggal surat itu dikirim, iya 3 Desember 2012 udah hampir 1 tahun yang lalu. Padahal isi suratnya bahagia tapi surat ini malah buat gue kepingin nangis, bukan karena bahagia tapi rada nyesek gitu rasanya.

Loe liat aja, seharusnya gue dapet tiket pesawat pulang-pergi gratis ke Jambi-Jakarta Jakarta-Jambi. Tapi itu kalo gue lakuin sesuai dengan yang ada di surat. Nah yang bikin gue galau sampe guling-guling itu karena gue baru baca di e-mail gue kalo ada pesan ini. Dan ini udah lewat hampir setahun yang lalu. Huwaaaaaaaaaa :'( *pukpuk

Gue nyianyiain kesempatan berharga buat terbang kejakarta, ikutan talkshow keren, dan grand opening yang mewah, trus ikutan forum dengan pemuda-pemuda Indonesia dengan ide-ide mereka yang sangat luar biasa untuk Indonesia ini. Rasanya kaya loe udah pedekatean lama banget, sampe jamuran loe nungguin jawaban, eh taunya si dia malah nganggep elo cuma sekedar temen doang, dan dia maunya kakak adekan aja. *Hiks!

Tapi, di dalam kegalauan gue, sedikit masih ada rasa haru bahagia dalem hati gue. Terang aja ide gue masuk 50 besar, lebih tepatnya #17 besar, iya yang judulnya "Sempoa Braille". Itu ide gue sama kedua temen gue lainnya, Ivo dan Khatarina. Dari sekitar 8.876 peserta Nasional seluruh Indonesia ide kita masuk 17 besar, rasanya bangga banget, yah walaupun nggak masuk 8 besar presentasi dan ketinggalan info buat mengahdiri undangan. :'( *sesegukan

Tapi ternyata Allah punya rencana yang lebih indah. Idenya nggak terhenti sampe disitu. Gue nemu sebuah kompetisi Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang diadakan oleh HIMMA (Himpunan Mahasiswa Matematika) Universitas Sriwijaya, Palembang. Dan Alhamdulillahnya kami jadi First Winner. Uwaaaahhhh rencana Allah emang luar biasa. :'). Yah walaupun hadiahnya jauh banget bedanya dari kompetisi apa idemu? ini. Wajar dong yang itu Nasional yang ini Sumatra.

Gue harap cerita gue dapat menginspirasi kalian semua, bahwa setiap kompetisi pasti ada yang menang dan ada yang kalah. Kalopun elo kalah, jangan pernah menyerah dan terus berjuang sampe cita-cita loe kesampean. Mari semangat membangun Indonesia yang lebih baik. *mendadak bijak :P

Artupays

We Have To Be Crazy Yet So Amazing...

No comments:

Post a Comment

OUR WORK (Instagram: @artupays)